5 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Gagalnya Program Hamil

Ada banyak persiapan yang perlu dilakukan agar program hamil dapat memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Anda harus mempersiapkan kondisi kesehatan agar tubuh siap dalam melakukan proses pembuahan. Kondisi tubuh yang tidak sehat akan membuat gagalnya program yang dijalankan. Berikur ini 5 penyakit yang dapat menggagalkan program untuk hamil.

  1. PCOS

PCOS adalah sebuah penyakit yang terjadi karena gangguan hormonal dan berdampak pada kondisi kesuburan. Anda dapat mengetahuinya dengan siklus menstruasi yang terganggu setiap periodenya. Penyakit ini akan berdampak pada risiko penyakit lain yaitu jantung dan juga diabetes.

  1. Sumbatan Tuba

Sumbatan tuba merupakan penyakit yang karena adanya infeksi dan akibatnya tuba akan tersumbat sehingga menyebabkan kemandulan. Infeksi ini terjadi oleh bakteri chlamidya dan gonorrhoeae. Bakteri ini akan muncul pada organ kewanitaan Anda lalu menyebar ke bagian rahim sehingga menyebabkan terjadinya infeksi tuba falopi dan proses pembuahan akan gagal.

  1. Keputihan

Anda harus waspada jika terjadi keputihan dalam frekuensi yang tinggi karena keputihan mengandung bakteri yang dapat terus berkembang. Keputihan akan membuat bakteri menempel di leher rahim sampai menjadi kerak. Bakteri pada keputihan ini dapat membunuh sperma sebelum masuk ke bagian rahim Anda.

Risiko lebih membahayakan jika keputihan terjadi dalam jumlah yang banyak. Anda akan semakin susah untuk bisa hamil dan dapat memicu terjadinya kanker serviks yang akan menghilangkan peluang untuk dapat hamil. Gejalanya dapat Anda diketahui dengan mudah dengan warna dan bau keputihan yang sangat menyengat.

  1. Gangguan Kesuburan

Penyakit selanjutnya yang akan membuat program hamil Anda gagal karena mengalami gangguan kesuburan. Penyakit ini dapat terjadi karena efek samping dari pemakaian KB. Setelah melepas KB yang dipakai tidak langsung dapat menyuburkan organ vital Anda dengan cepat.

Bahkan efek KB ini akan membuat masa subur Anda sama sekali tidak berfungsi untuk berlangsungnya pembuahan pada sel telur. Masalah kesuburan akan sangat terlihat dari siklus menstruasi yang Anda alami tidak teratur dan lancar. Kondisi ini terjadi karena gangguan hormon di dalam tubuh Anda.

  1. Kista

Kista merupakan penyakit yang terjadi pada jaringan Anda. Kista dapat terjadi di dalam kandungan dan juga di luar kandungan. Jika Anda mengalami kista maka risikonya Anda akan kesulitan untuk hamil bahkan jika kista sudah mengganas risikonya Anda tidak dapat hamil. Kista akan menghambat proses pembuahan yang akan terjadi karena menutupi jalan sperma.

Program hamil akan mendapatkan tingkat keberhasilan yang tinggi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan kepastian. Anda akan menjalani program dengan lebih tenang setelah mengetahui kondisi kesehatan reproduksi. Jika terjadi permasalahan maka Anda dapat mengatasinya dengan lebih cepat dan bisa hamil lebih cepat tanpa ada risiko apapun.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *