Rekam Jejak Michael Oliver

Pertandingan leg ke-2 perempat final Liga Champions 2017-2018 pada Juventus kontra Real Madrid menuai kontroversi. Kepemimpinan wasit asal Inggris, Michael Oliver, dipertanyakan kubu I Bianconeri yang menang 3-1 atas Madrid. Terdapat dua keputusan Oliver yang diperdebatkan oleh Juventus. Pertama, berikan hadiah penalti kepada Real Madrid dan juga kartu merah untuk Gianluigi Buffon. Penalti diberikan kepada Real Madrid terhadap injury time babak kedua. Oliver menunjuk titik putih sehabis bek Juve, Medhi Benatia, menjatuhkan penyerang Los Blancos, Lucas Vazquez, di kotak terlarang. Setelah itu, Buffon yang tersulut emosi segera melakukan protes kepada Oliver. Wasit berusia 33 tahun berikut pun mengganjar Buffon bersama dengan kartu merah.

Rupanya, Oliver sebetulnya sosok kontroversial di negara asalnya, Inggris. Sang wasit sempat menjadi sasaran penggemar Premier League gara-gara ketahuan sebagai suporter Newcastle United. Selama menjadi wasit di Premier League, Oliver tenar sebagai wasit yang enteng mengeluarkan kartu. Dari 198 laga Premier League yang dipimpin, Oliver sudah mengeluarkan 650 kartu kuning, 19 kartu merah langsung, dan sembilan kartu merah akibat kartu kuning kedua. Artinya, di dalam setiap pertandingan Oliver biasanya mengeluarkan 3,2 kartu kuning dan 0,21 kartu merah. Apabila digabungkan, biasanya Oliver memberi tambahan 3,4 kartu di dalam setiap laga yang dipimpin di Premier League.

Selain itu, Oliver juga seringkali tidak curiga menunjuk titik putih dikala berlangsung pelanggaran di kotak terlarang. Selama memimpin partai Premier League, Oliver 63 kali memberi tambahan penalti. Meski tergolong wasit senior di Premier League, Oliver tergolong baru di Liga Champions. Dia baru mengawali kiprah di persaingan berikut terhadap musim 2016-2017. Secara keseluruhan, Oliver baru delapan kali memimpin pertandingan di Liga Champions. Namun, berasal dari kuantitas berikut dia sudah mengeluarkan 36 kartu kuning, satu kartu merah langsung, satu kartu merah akibat dua kartu kuning, dan juga satu penalti.

Menurut berita sepakbola catatan itu artinya kartu merah untuk Buffon adalah yang pertama kali dia keluarkan di Liga Champions. Sementara itu, penalti untuk Juventus juga yang pertama dia memberikan di persaingan Eropa. Pertandingan melawan Real Madrid bukan pertama kalinya Oliver memimpin laga Juventus. Oliver pernah menjadi wasit waktu I Bianconeri menang 2-1 atas Sporting CP. Pada pertandingan fase group Liga Champions musim ini tersebut, Michael Oliver mengeluarkan empat kartu kuning. Baik Juventus maupun Sporting terima masing-masing dua kartu kuning.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *